RAHMAWATI, ANITA (2024) KORELASI ANTARA SELF EFFICACY DAN SELF CONTROL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
4. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (35kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (40kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (179kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (590kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
Kemandirian belajar penting dimiliki peserta didik karena berperan dalam meningkatkan hasil serta kesuksesan dalam belajar. Kemandirian belajar disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu self efficacy dan self control. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara self efficacy dan self control dengan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 dengan total 7 kelas yang berjumlah 273 peserta didik. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni kelas XI MIPA 2, XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 yang berjumlah 117 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket self efficacy scale dengan 27 pernyataan untuk mengukur self efficacy peserta didik, angket self control dengan 21 pernyataan untuk mengukur self control peserta didik dan angket kemandirian belajar dengan 26 pernyataan untuk mengukur kemandirian belajar peserta didik. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji korelasi multivariat. Hasil penelitian menunjukan ada korelasi antara self efficacy dan self control dengan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,993 yang artinya hubungan ketiga variabel tersebut termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat. Selain itu diperoleh koefisien determinasi (R²) sebesar 0,986 yang berarti bahwa variabel self efficacy dan self control memberikan kontribusi sebesar 98,6% terhadap kemandirian belajar peserta didik. Sehingga terdapat korelasi yang sangat kuat antara self efficacy dan self control dengan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Self Efficacy, Self Control, Kemandirian Belajar, Biologi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:23 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14639 |
Actions (login required)
View Item |