HADID, NAHAL (2024) QUIZIZZ’S LEADERBOARD UTILIZATION IN FORMATIVE ASSESSMENT: WHAT DO STUDENTS PERCEIVE? Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (177kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (359kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
4. MOTTO.pdf Download (43kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (117kB) |
|
Text
6. PREFACE.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (109kB) |
|
Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. CHAPTER 1.pdf Download (174kB) |
|
Text
10. CHAPTER 2.pdf Download (207kB) |
|
Text
11. CHAPTER 3.pdf Download (185kB) |
|
Text
12. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
13. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
14. REFERENCES.pdf Download (189kB) |
|
Text
15. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penilaian formatif merupakan penilaian yang dilaksanakan untuk memperoleh informasi sementara mengenai progres yang dimiliki para siswa dan kemudian memberikan umpan balik kepada mereka untuk memperbaiki proses pembelajaran ke depannya. Pentingnya penilaian ini menjadi sebuah kewajiban bagi seorang guru untuk melaksanakannya dengan rutin, maka dari itu sama pentingnya juga bagi guru untuk terus menemukan metode-metode menarik dalam melaksanakan penilaian formatif. Quizizz merupakan salah satu metode menarik yang sangat layak untuk dipilih, terutama dengan adanya fitur papan peringkat yang disorot dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari tiga orang siswa di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa para siswa melihat papan peringkat dalam Quizizz sebagai fitur yang dapat membantu menciptakan kegiatan diskusi aktif, membangun jiwa kompetitif dalam diri siswa dan papan peringkat berperan dalam mempengaruhi semangat siswa dalam belajar. Pengaruh semangat di sini terbagi menjadi dua, yaitu motivasi dan tentu saja kebalikannya, yang berarti beberapa siswa merasa tertekan dengan adanya papan peringkat, utamanya jika mereka mendapat hasil yang kurang memuaskan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan referensi dan pertimbangan memvariasikan metode untuk guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan penilaian formatif. Kata Kunci: Penilaian Formatif, Quzizz, Papan Peringkat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:00 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14580 |
Actions (login required)
View Item |