ANDINI, WANDA (2024) PENGARUHLINGKUNGANSEKOLAHTERHADAPMOTIVASI BELAJARSERTAIMPLIKASINYAPADAHASILBELAJARSISWA MATAPELAJARANEKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (115kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (226kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (194kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (152kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (118kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (174kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (256kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang diakibatkan oleh motivasi belajar peserta didik yang menurun. Hal ini dilihat dari hasil nilai PAS masih berada di bawah KKM pada mata pelajaran ekonomi sehingga menunjukan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar serta implikasinya pada hasil belajar peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X dan XI yang berjumlah 642. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan cara simple random sampling sampel yang diambil yaitu 246 peserta didik. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan signifikan 0,029<0,005, lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,000<0,05 dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,000<0,05. Kemudian, hasil penelitian dari pengaruh tidak langsung menunjukan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai Z-Sobel 2,060. Kesimpulan dari penjelasan ini yaitu lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14530 |
Actions (login required)
View Item |