FATHIA, AURA SITI (2024) ANALISIS PEMASARAN SUSU SAPI SEGAR (Studi Kasus pada Perusahaan Raja Bintang Semesta Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (653kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (797kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (766kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (754kB) |
|
Text
5. PRAKATA.pdf Download (719kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (769kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (761kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (808kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (823kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
|
Text
12. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (733kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan saluran dan fungsi pemasaran susu sapi segar, 2) Menganalisis besarnya biaya, keuntungan dan margin pemasaran susu sapi segar, 3) Menganalisis bagian harga yang diterima oleh peternak (farmer’s share) pada pemasaran susu sapi segar di Perusahaan Raja Bintang Semesta. Penelitian ini di laksanakan di Perusahaan Raja Bintang Semesta. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snowball sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran susu sapi segar dari Perusahaan Raja Bintang Semesta yaitu Saluran I (Peternak – Konsumen Akhir). Saluran II (Peternak – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir). Saluran III (Peternak – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir). Saluran IV (Peternak – Industri Pengolahan Susu). Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh peternak yaitu fungsi pertukaran (penjualan). Pengumpul dan pengecer melakukan fungsi yaitu fungsi pertukaran (penjualan dan pembelian), fungsi fisik (pengangkutan dan pengemasan), fungsi fasilitas (penanggungan risiko dan promosi). Konsumen akhir dan IPS melakukan fungsi pertukaran (pembelian). Biaya pemasaran total saluran II Rp. 1.755,6 per liter, biaya pemasaran total saluran III Rp. 1.850 per liter. Keuntungan total saluran II Rp. 5.244,4 per liter, keuntungan total saluran III Rp. 4.150 per liter. Margin pemasaran saluran II Rp. 7.000 per liter, margin pemasaran saluran III Rp. 6.000 per liter. Keempat saluran pemasaran sudah efisien dengan masing-masing nilai farmer’s share 100 persen untuk saluran I dan IV, 53,3 persen untuk saluran II, dan 57,1 persen untuk saluran III. Kata Kunci : Farmer’s Share, Margin, Saluran, Susu Sapi Segar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14514 |
Actions (login required)
View Item |