PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 2 SMAN 20 GARUT

FEBRIANI, AJIB BILKI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 2 SMAN 20 GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (429kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas XI IPS 2 menunjukkan adanya penurunan motivasi belajar sejarah dilihat dari indikator motivasi belajar partisipasi aktif, antusiasme, dan ketekunan dalam mengerjakan tugas. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan media pembelajaran Mentimeter dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter pada Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPS 2 SMAN 20 Garut”. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen yang melibatkan siswa-siswa kelas XI IPS 2 di SMAN Negeri 20 Garut. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data yang dilakukan melalui uji hipotesis, dapat diinterpretasikan bahwa nilai sig yang didapatkan ialah sebesar 0,00 sehingga dinyatakan nilai sig 0,00 < 0,05, sedangkan pada uji N-Gain diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 45,19%. Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menghasilkan interpretasi bahwa Ha : diterima dan H0 : ditolak sehingga menghasilkan pernyataan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran Mentimeter terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 20 Garut. Dengan demikian, penggunaan Mentimeter terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan. Penelitian ini menyarankan penerapan lebih luas dari teknologi interaktif seperti Mentimeter untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam berbagai mata pelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Mentimeter, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:55
Last Modified: 14 Oct 2024 01:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item