MASYHUR, GINANJAR (2024) PERCEIVED USEFULNESS OF CANVAS LMS AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (255kB) |
|
Text
2. Approval Sheet 1.pdf Download (132kB) |
|
Text
3. Approval Sheet 2.pdf Download (135kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf Download (88kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (371kB) |
|
Text
7. PREFACE.pdf Download (270kB) |
|
Text
8. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. Table of Contents.pdf Download (189kB) |
|
Text
10. List of Tables.pdf Download (148kB) |
|
Text
11. List of Figures.pdf Download (147kB) |
|
Text
12. List of Enclosures.pdf Download (148kB) |
|
Text
13. CHAPTER 1.pdf Download (287kB) |
|
Text
14. CHAPTER 2.pdf Download (308kB) |
|
Text
15. CHAPTER 3.pdf Download (487kB) |
|
Text
16. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
17. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
18. REFERENCES.pdf Download (290kB) |
|
Text
19. ENCLOSURES.pdf Download (1MB) |
|
Text
20. Curriculum Vitae.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
Abstract
Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) penting untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih terstruktur dan terorganisir, dan salah satu LMS yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Canvas. Namun selain membantu guru, Canvas dengan semua fitur dan kontennya juga dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Canvas dipandang sebagai berguna, serta bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Technology Enhanced Language Learning (TELL) dan menggunakan Canvas sebagai LMS-nya di salah satu universitas di Tasikmalaya, Indonesia. Dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan model motivasi belajar ARCS sebagai landasan, data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan analisis data kualitatif dari Miles et al. (2014). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas, terutama fitur-fiturnya, cara menyajikan informasi, dan antarmukanya sangat memengaruhi motivasi belajar siswa dalam semua aspek ARCS. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas berpengaruh pada motivasi belajar mereka dalam semua aspek dari ARCS, khususnya dalam Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Hasil dari penelitian ini berkontribusi untuk memahami persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas memengaruhi motivasi belajar mereka, dan memberi informasi kepada guru tentang penggunaan Canvas dengan memerhatikan persepsi siswa tentang kebergunaannya dan motivasi belajar mereka dari persepsi tersebut. Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Model Motivasi Belajar ARCS, Canvas, Motivasi Belajar, Mahasiswa Perguruan Tinggi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:26 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14445 |
Actions (login required)
View Item |