PERCEIVED USEFULNESS OF CANVAS LMS AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION

MASYHUR, GINANJAR (2024) PERCEIVED USEFULNESS OF CANVAS LMS AND ITS EFFECT ON STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2. Approval Sheet 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
3. Approval Sheet 2.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. PREFACE.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. Table of Contents.pdf

Download (189kB)
[img] Text
10. List of Tables.pdf

Download (148kB)
[img] Text
11. List of Figures.pdf

Download (147kB)
[img] Text
12. List of Enclosures.pdf

Download (148kB)
[img] Text
13. CHAPTER 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
14. CHAPTER 2.pdf

Download (308kB)
[img] Text
15. CHAPTER 3.pdf

Download (487kB)
[img] Text
16. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
17. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
18. REFERENCES.pdf

Download (290kB)
[img] Text
19. ENCLOSURES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20. Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) penting untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih terstruktur dan terorganisir, dan salah satu LMS yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Canvas. Namun selain membantu guru, Canvas dengan semua fitur dan kontennya juga dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Canvas dipandang sebagai berguna, serta bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Peserta penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Technology Enhanced Language Learning (TELL) dan menggunakan Canvas sebagai LMS-nya di salah satu universitas di Tasikmalaya, Indonesia. Dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan model motivasi belajar ARCS sebagai landasan, data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan analisis data kualitatif dari Miles et al. (2014). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas, terutama fitur-fiturnya, cara menyajikan informasi, dan antarmukanya sangat memengaruhi motivasi belajar siswa dalam semua aspek ARCS. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas berpengaruh pada motivasi belajar mereka dalam semua aspek dari ARCS, khususnya dalam Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Hasil dari penelitian ini berkontribusi untuk memahami persepsi siswa tentang kebergunaan Canvas memengaruhi motivasi belajar mereka, dan memberi informasi kepada guru tentang penggunaan Canvas dengan memerhatikan persepsi siswa tentang kebergunaannya dan motivasi belajar mereka dari persepsi tersebut. Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Model Motivasi Belajar ARCS, Canvas, Motivasi Belajar, Mahasiswa Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:26
Last Modified: 30 Sep 2024 02:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14445

Actions (login required)

View Item View Item