MUNIFAH, AHLA ITROTUL (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TIKTOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS 1 SMAN 3 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (244kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (123kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (73kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video Tiktok untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMAN 3 Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen untuk menghasilkan data dalam bentuk angka-angka. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen, dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya sedangkan kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Alat pengumpulan data berupa angket tertutup dengan menggunakan analisis statistik Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Teknik analisis datanya menggunakan bantuan aplikasi SPSS yang meliputi: Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat penggunaan media pembelajaran video Tiktok untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Tasikmalaya dibuktikan dengan hasil posttest pada kelas eksperimen meningkat 15,82% dari hasil pretest serta hasil pengolahan dan analisis data menggunakan Independent Sample T-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil score N-gain persen juga menunjukan bawa nilai efektivitas sebesar 56,5870% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video Tiktok mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dikelas XI IPS 1. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Media Pembelajaran, Minat Belajar , Video Tiktok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:06 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14417 |
Actions (login required)
View Item |