JUHROH, YOSI SITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (142kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (185kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (214kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (138kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (139kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (169kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (248kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kurangnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya, sehingga perlu diatasi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil uji statistik menggunakan uji hipotesis independent sample t test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya dan berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-gain di kelas eksperimen sebesar 57,88%, jika berlandaskan pada klasifikasi N-Gain persen nilai yang dihasilkan dalam uji tersebut bisa dikategorikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14398 |
Actions (login required)
View Item |