ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO

GUMELAR, WISNU SATYA (2024) ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4. ABSTARAK.pdf

Download (944kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (814kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (971kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (870kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (895kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, Indeks Profitabilitas, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Metode penelitian menggunakan metode survey, penentuan responden dengan snowball “sampling” terdiri dari 11 orang produsen, 3 orang pedagang pengumpul 2 orang pedagang besar dan, 5 orang konsumen . Penelitian dilakukan di Pokdakan Serbaguna dari bulan November 2023 sampai April 2024. Hasil penelitian terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → konsumen , Saluran II: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → konsumen , Saluran III: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh Pedagang pengumpul di saluran I melakukan fungsipertukaran, transportasi, pembiayaan, sortasi, penanggungan risiko serta informasi pasar. untuk fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengumpul di saluran II yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, penanggungan resiko, serta informasi pasar, dan pada saluran III pedagang besar melakukan fungsi pemasaran yaitu fungsi penjualan, pembelian, penyimpanan, transportasi, pembiayaan,dan informasi pasar. Biaya saluran pemasaran I, II dan III yaitu sebesar Rp.701, Rp113,33 , dan Rp4.011,65. Keuntungan saluran pemasaran I, II dan III yaitu sebesar Rp1.799 , Rp1.886,67 dan Rp5.488,35. Margin pemasaran saluran I, II dan III yaitu sebesar Rp.2.500 , Rp3.000 , dan Rp9.500. Indeks Profitabilitas di tiap Lembaga saluran I, II, dan III adalah 2,566 , 2,146 , dan 2,774. Farmer’s Share pada masing-masing saluran I, II dan IIII adalah sebesar 86 persen, 83 persen dan 60. Tingkat Efisiensi Saluran I, II, dan III adalah sebesar 4%, 6%, dan 17% . Saluran pemasaran I adalah yang paling efisien Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Ikan Lele Dumbo, Saluran Pemasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:08
Last Modified: 20 Sep 2024 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item