GUMELAR, WISNU SATYA (2024) ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (249kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. ABSTARAK.pdf Download (944kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (814kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (971kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (870kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (895kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, Indeks Profitabilitas, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Metode penelitian menggunakan metode survey, penentuan responden dengan snowball “sampling” terdiri dari 11 orang produsen, 3 orang pedagang pengumpul 2 orang pedagang besar dan, 5 orang konsumen . Penelitian dilakukan di Pokdakan Serbaguna dari bulan November 2023 sampai April 2024. Hasil penelitian terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → konsumen , Saluran II: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → konsumen , Saluran III: Pembudidaya → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh Pedagang pengumpul di saluran I melakukan fungsipertukaran, transportasi, pembiayaan, sortasi, penanggungan risiko serta informasi pasar. untuk fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengumpul di saluran II yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, penanggungan resiko, serta informasi pasar, dan pada saluran III pedagang besar melakukan fungsi pemasaran yaitu fungsi penjualan, pembelian, penyimpanan, transportasi, pembiayaan,dan informasi pasar. Biaya saluran pemasaran I, II dan III yaitu sebesar Rp.701, Rp113,33 , dan Rp4.011,65. Keuntungan saluran pemasaran I, II dan III yaitu sebesar Rp1.799 , Rp1.886,67 dan Rp5.488,35. Margin pemasaran saluran I, II dan III yaitu sebesar Rp.2.500 , Rp3.000 , dan Rp9.500. Indeks Profitabilitas di tiap Lembaga saluran I, II, dan III adalah 2,566 , 2,146 , dan 2,774. Farmer’s Share pada masing-masing saluran I, II dan IIII adalah sebesar 86 persen, 83 persen dan 60. Tingkat Efisiensi Saluran I, II, dan III adalah sebesar 4%, 6%, dan 17% . Saluran pemasaran I adalah yang paling efisien Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Ikan Lele Dumbo, Saluran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:08 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14388 |
Actions (login required)
View Item |