ANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER DAN VISUALIZER

FUJI, LAILATUL FAZRI (2019) ANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER DAN VISUALIZER. Sarjana thesis, universitas siliwangi.

[img] Text
Cover, pengesahan, revisi, pernyataan, abstrak, kata pengantar, daftar (isi, tabel, gambar, lampiran).pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

FUJI LAILATUL FAZRI. 2019. Analisis Keterampilan Geometri Siswa pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Verbalizer dan Visualizer. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan geometri siswa ditinjau dari gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara pemberian kuesioner gaya kognitif, tes keterampilan geometri dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yakni kuesioner gaya kognitif, soal keterampilan geometri, serta pedoman wawancara. Penelitian dilaksanakan di SMP Nurul Huda Bojonggambir, subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang masing-masing memiliki gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Data hasil penelitian di analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif verbalizer mampu memenuhi seluruh indikator keterampilan menggambar dan terapan, namun belum mampu memenuhi salahsatu indikator keterampilan verbal yaitu mendefiniskan bangun datar dengan mengungkapkan hubungan antar bangun datar, dua indikator keterampilan visual yaitu menyatakan sifatsifat dari bangun yang diberikan dan mengungkapkan hubungan antar bangun segi empat yang diberikan. Siswa tersebut juga belum memenuhi salah satu indikator keterampilan logika yaitu memahami ketetapan bentuk bangun datar dalam posisi yang berbeda. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif visualizer mampu memenuhi seluruh indikator keterampilan visual, menggambar, dan logika namun belum memenuhi indikator keterampilan verbal yaitu menentukan jenis bangun datar berdasarkan deskripsi sifatsifat yang diberikan dan mendefiniskan bangun datar dengan mengungkapkan hubungan antar bangun datar, serta belum memenuhi indikator keterampilan terapan yaitu menghubungkan informasi yang diberikan untuk mengembangkan model matematika untuk menyelesaikan masalah. Kata kunci: keterampilan geometri, gaya kognitif, bangun datar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mahasiswa universitas siliwangi
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:42
Last Modified: 17 Mar 2020 04:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item