PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI (Studi Eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024)

AYUDYANINGSIH, PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI (Studi Eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (234kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (471kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (413kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (500kB)
[img] Text
6. ucapan terima kasih.pdf

Download (83kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
15. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
17. lampiran.pdf

Download (22MB)
[img] Text
18. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik pada materi bioteknologi di kelas X SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada November sampai Mei 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Jatiwaras sebanyak sebelas kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 347 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga di peroleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X-8 sebanyak 35 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas X-2 sebanyak 35 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 11 butir soal keterampilan berpikir kreatif dan tes literasi sains berupa pilihan majemuk sebanyak 27 soal pada materi sistem bioteknologi yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi keterampilan berpikir kreatif dan literasi sains 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik. Hal ini diartikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Project based learning (PjBL) dalam pembelajaran, keterampilan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik lebih baik sehingga dapat dipertahankan dan dikembangkan lagi. Kata kunci : project based learning; keterampilan berpikir kreatif, literasi sains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:39
Last Modified: 11 Sep 2024 04:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14312

Actions (login required)

View Item View Item