Latifah, Anisa Tri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL PESERTA DIDIK SMP. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (218kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (5kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (288kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (183kB) |
|
Text
09 BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Download (405kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Download (854kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media komik digital berbasis canva serta menganalisis efektivitas media komik digital berbasis canva dan peningkatan kemampuan penalaran proporsional. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru matematika, 5 orang peserta didik kelas VIII diluar kelas eksperimen, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 32 orang peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling dari kelas VII-D SMP Negeri 1 Salawu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan praktis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara terstruktur, angket dan tes kemampuan penalaran proporsional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan penalaran proporsional. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap Analysis peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap design peneliti membuat peta konsep materi, flowchart, storyboard, mengumpulkan referensi, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta membuat angket respon pengguna. Pada tahap development peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” serta melakukan uji coba produk kepada 1 orang guru matematika dan 5 orang peserta didik di luar kelas eksperimen dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implementation, media diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik. Pada tahap evaluation diketahui nilai rata-rata kemampuan penalaran proporsional peserta didik pada posttest lebih besar dari nilai rata-rata kemampuan penalaran proporsional peserta didik pada pretest. Respon pengguna terhadap media komik digital berbasis canva positif dengan kategori “baik”. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh kategori “Strong Effect”. Hasil dari analisis N-Gain score diperoleh kategori “sedang”. Kata Kunci: kemampuan penalaran proporsional, komik digital, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14221 |
Actions (login required)
View Item |