MY STUDENTS DRIVE ME TO GROW’: EFL TEACHERS’ IDENTITY DEVELOPMENT THROUGH TEACHER-STUDENT RELATIONSHIP

NOVIANTI, DINI (2024) MY STUDENTS DRIVE ME TO GROW’: EFL TEACHERS’ IDENTITY DEVELOPMENT THROUGH TEACHER-STUDENT RELATIONSHIP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-cover.pdf

Download (435kB)
[img] Text
2-pengesahan.pdf

Download (560kB)
[img] Text
3-pernyataan.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4-personal page.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5-abstrak.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6-preface.pdf

Download (310kB)
[img] Text
7-acknowlegdement.pdf

Download (197kB)
[img] Text
8-table of contents.pdf

Download (489kB)
[img] Text
9-list of table.pdf

Download (193kB)
[img] Text
10-list enclosure.pdf

Download (194kB)
[img] Text
11-bab 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
12-bab 2.pdf

Download (437kB)
[img] Text
13-bab 3.pdf

Download (323kB)
[img] Text
14-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
15-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
16-references.pdf

Download (427kB)
[img] Text
17-enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Identitas guru merupakan cara bagaimana seorang guru memahami dirinya sendiri. Salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi pengembangan identitas guru adalah hubungan antara guru dan siswa. Sementara itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman seorang guru terkait hubungan guru dan siswa yang berpengaruh terhadap pengembangan identitas guru. Dengan menggunakan metode narrative inquiry, data diambil melalui wawancara semi�terstruktur disertai narrative frame yang kemudian di analisis menggunakan narrative analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipan memiliki hubungan yang sangat baik dengan siswa nya yang terbentuk melalui interaksi secara interpersonal (melalui kehangatan sikap seorang guru), substantive (melalui pemberian tugas) dan pedagogic (melalui metode mengajar). Kemudian dilihat dari tiga dimensi pembangun identitas guru, partisipan mampu memilih metode belajar dan pemberian tugas dengan mempertimbangkan karakter siswa (dimensi personal), membangun hubungan erat dengan siswa dari hal-hal sederhana (dimensi interpersonal), serta percaya bahwa guru harus memainkan banyak peran agar siswa tidak merasa takut (dimensi socio-historical). Sehingga sebagai guru partisipan bisa berteman dengan siswa secara nyata di luar kelas namun tetap memenuhi tugas dan kewajibannya dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kesimpulan nya yaitu memiliki hubungan yang baik dan positif dengan siswa memiliki pengaruh terhadap pengembangan identitas guru. Keywords: identitas guru, hubungan guru dan siswa, narrative inquiry

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:17
Last Modified: 05 Sep 2024 06:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item