BELKIS, SALMA AYU (2024) BOOSTING STUDENTS’ MOTIVATION THROUGH CHARADE GAME IN VOCABULARY LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (130kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (137kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (63kB) |
|
Text
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf Download (118kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. PREFACE.pdf Download (82kB) |
|
Text
8. ACKNOWLEGDEMENTS.pdf Download (138kB) |
|
Text
9. TABLE OF CONTENT.pdf Download (90kB) |
|
Text
10. LIST OF TABLES.pdf Download (85kB) |
|
Text
11. LIST OF FIGURES.pdf Download (31kB) |
|
Text
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (87kB) |
|
Text
13. CHAPTER 1.pdf Download (159kB) |
|
Text
14. CHAPTER 2.pdf Download (199kB) |
|
Text
15. CHAPTER 3.pdf Download (244kB) |
|
Text
16. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
|
Text
17. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
18. REFERENCES.pdf Download (215kB) |
|
Text
19. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text
20. CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Abstract
Pembelajaran kosakata berfungsi sebagai landasan bagi pengembangan keterampilan berbahasa lainnya. Sayangnya, salah satu kendala paling umum dalam mempelajari kosakata adalah rendahnya motivasi. Motivasi sangat penting untuk pembelajaran kosakata karena secara langsung mempengaruhi keterlibatan dan kesiapan siswa untuk belajar. Mengingat fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (CAR) yang bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana proses permainan tebak kata meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kosakata dan (2) untuk mengetahui apakah metode permainan tebak kata dapat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari kosa kata atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus mulai tanggal 9 September sampai dengan tanggal 21 November 2023 pada kelas IX dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Kuesioner, observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan kualitatif dianalisis melalui model Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan tebak kata dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari kosa kata diantaranya melalui kegiatan memerankan kata-kata memicu motivasi siswa dalam ketertarikan dan percaya diri, kegiatan menebak kata meningkatkan motivasi siswa dalam keinginan kuat dan kesenangan untuk berpartisipasi aktif, dan kegiatan berdiskusi meningkatkan dorongan siswa dalam mempelajari kosakata. Hal ini juga didukung dengan meningkatnya skor angket motivasi per siklus. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 64%, siklus I sebesar 84%, dan siklus II sebesar 94%. Ada peningkatan 10% -20%. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tebak kata dapat meningkatkan motivasi siswa secara efektif dalam mempelajari kosakata. Oleh karena itu, strategi pengajaran harus memotivasi siswa untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode pengajaran yang menarik seperti permainan tebak kata. Keywords: Motivasi Siswa, Permainan Charade, Pembelajaran Kosakata, Penelitian Tindakan Kelas (PTK
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |