THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW IN IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION: A CLASSROOM ACTION RESEARCH

SALSABILA, RAIHANI FITRI (2024) THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW IN IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION: A CLASSROOM ACTION RESEARCH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (282kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (63kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (68kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (54kB)
[img] Text
8. LIST OF TABLES.pdf

Download (33kB)
[img] Text
9. LIST OF FIGURES.pdf

Download (62kB)
[img] Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11. CHAPTER 1.pdf

Download (80kB)
[img] Text
12. CHAPTER 2.pdf

Download (138kB)
[img] Text
13. CHAPTER 3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
14. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
15. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
16. REFERENCES.pdf

Download (138kB)
[img] Text
17. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
18. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Kesulitan memahami bacaan menjadi permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas 9 yang berjumlah 31 orang di salah satu sekolah menengah pertama di Kota Tasikmalaya. Kesulitan yang dialami berupa: sulit mengidentifikasi ide utama, ide pendukung, rincian, menemukan informasi tersirat dan rincian yang tidak disebutkan, menentukan kosa kata dalam konteks, fitur tata bahasa, dan frasa/idiom dalam konteks, serta siswa kurang aktif dalam partisipasi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana implementasi jigsaw dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa dan mengetahui peningkatannya dari sejauh mana jigsaw dapat memperbaikinya melalui metode penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Data diambil secara observasi dan tes. Lalu kemudian dianalisis dengan menggunakan alat analisis dari Miles and Huberman (1994) dan deskriptif statistik. Hasil observasi menunjukkan bahwa jigsaw mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa oleh dua esensi utama yang terdapat di jigsaw yaitu pengelompokkan dan kolaborasi. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai meningkat dari hasil tes awal (61.94), ke tes akhir di siklus I (83.10), dan tes akhir di siklus II (87.35) yang mana mencapai KKM sebagai kriteria kesuksesan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman membaca siswa, yang menunjukkan bahwa penerapan jigsaw dapat meningkatkan kemampuan ini di antara siswa kelas sembilan di sekolah menengah pertama. Dengan ini, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru terkait penggunaan jigsaw untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Jigsaw, pemahaman membaca, peningkatan kemampuan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:11
Last Modified: 05 Sep 2024 06:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14092

Actions (login required)

View Item View Item