PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMAHAMI MATERI HIMPUNAN MELALUI ARTICULATE STORYLINE

BAHTIAR, DUDI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MEMAHAMI MATERI HIMPUNAN MELALUI ARTICULATE STORYLINE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (259kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (973kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04 Kata Pengantar.pdf

Download (288kB)
[img] Text
05 Abstrack.pdf

Download (185kB)
[img] Text
06 Daftar Isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
07 Daftar Tabel.pdf

Download (182kB)
[img] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
16 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif untuk memahami materi himpunan melalui Articulate Storyline dan pencapaian KKM peserta didik terhadap multimedia interaktif yang telah dibuat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cisayong. Subjek penelitian di ambil dari peserta didik kelas VII-A. dengan jumlah peserta didik 18 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menurut (Sugiyono,2019) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysisi, Design, Development, Implementation,dan Evaluasi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi pembagian kuesioner dan angket respon peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini yaitu mengadaptasi dari instrumen yang sudah ada dan meliputi lembar validasi para ahli materi dan multimedia dan angket respon peserta didik.teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2019) yang meliputi data reduksi dan data display dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif untuk memahami materi himpunan melalui articullate storylie dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun hasil posttest yang dilakukan oleh 18 peserta didik kelas VII-A, didapat bahwa kriteria ketuntasan minimal (KKM) peserta didik terhadap implementasi mutimedia interaktif untuk memahami materi himpunan melalui articulate storyline memenuhi KKM dengan KKM yang harus dicapai peserta didik SMP Negeri 1 Cisayong dalam pembelajaran matematika adalah 75%. Hal ini dapat diketahui dari jumlah peserta didik yang memiliki kategori tuntas yaitu 15 peserta didik mendapatkan kriteria tutas dan 3 peserta didik belum tuntas, sehingga mutimedia interaktif yang telah dibuat peneliti dapat dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika untuk membantu pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan. Keywords: Multimedia interaktif, Articulate storyline, Penelitian Pengembangan, ADDIE, Memahami materi himpunan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:08
Last Modified: 05 Sep 2024 01:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item