NURAPIPAH, FINA (2024) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN JAVALAB TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (56kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENYATAAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
4 LEMBAR REKOMENDASI PENGUJI.pdf Download (57kB) |
|
Text
5 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (123kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) |
|
Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (132kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (91kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (401kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (419kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran Fisika dan kurangnya kebaharuan model pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan Javalab terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi hukum kekekalan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini yaitu kelas X di SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 227 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X-E6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik dilakukan pretest dan posttest berbentuk essay sebanyak 4 butir soal. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14058 |
Actions (login required)
View Item |