Herliyani, Rani (2024) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DENGAN PENDEKATAN UTAUT MODEL (Studi Kasus Pengguna Tokopedia di Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (234kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (291kB) |
|
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (203kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (340kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (584kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (601kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (432kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
Abstract
Kemajuan internet telah mendorong perkembangan industri e-commerce dengan Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada fenomena masalah penurunan penggunaan e-commerce pada kuartal dua tahun 2023. Akan tetapi hal ini berbanding terbalik dengan pengguna Tokopedia di Tasikmalaya yang mengalami peningkatkan. Fenomena ini menunjukan bahwa Tokopedia perlu memahami perilaku konsumen untuk meningkatkan daya saingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi individu dalam menerima dan menggunakan teknologi e-commerce Tokopedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah pengguna Tokopedia di Tasikmalaya dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 255 responden. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Performance Expectancy (X1), Effort Expectancy (X2), Social Influence (X3), Facilitating Condition (X4) berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention (Z), selanjutnya Performance Expectancy (X1), Social Influence (X3), Facilitating Condition (X4) berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior (Y), sedangkan Effort Expectancy (X2) tidak berpengaruh terhadap Use Behavior (Y). Kemudian Behavioral Intention (Z) mampu memediasi Performance Expectancy (X1), Effort Expectancy (X2), Social Influence (X3), Facilitating Condition (X4) terhadap Use Behavior (Y) sehingga hasil tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan pada pengguna Tokopedia di Tasikmalaya. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tambahan bagi pengguna Tokopedia serta dapat bermanfaat bagi berbagai pihak dalam meningkatkan adopsi teknologi e-commerce khususnya aplikasi Tokopedia sebagai platform e-commerce. Kata kunci : E-Commerce, Tokopedia, Unified Theory of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14053 |
Actions (login required)
View Item |