PERBEDAAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL (Studi Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Warga Belajar Paket C SKB Kota Tasikmalaya)

Nuraeni, Reni Siti (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL (Studi Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Warga Belajar Paket C SKB Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (197kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (357kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Tasikmalaya Paket C menghadapi berbagai tantangan yang mempengaruhi kualitas dan hasil belajar warga belajar, diantaranya warga belajar pada paket C memiliki latar belakang yang beragam. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengalaman belajar yang kurang menyenangkan dan membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang warga belajar, analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T atau uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah warga belajar pada kelas eksperimen mampu mendapatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan warga belajar pada kelas kontrol. Hal yang membedakan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning saat dilakukan posttest, sedangkan kelas kontrol menggunakan kertas. Dari soal yang diberikan semuanya sama dengan jumlah soal 20. Penelitian ini dikatakan efektif karena dilihat dari hasil nilai rata rata kelas pretest kontrol yaitu 59 dan pretest eksperimen 59,5 dengan nilai tertinggi 75 dari kedua kelas tersebut, lalu hasil nili rata-rata kelas post-test kontrol dan ekserimen yaitu 59 dan 80,5 dengan jumlah tertinggi kelas kontrol 75 dan kelas eksperimen 95. Simpulannya pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning direspon positif oleh warga belajar dan juga tutor, banyak warga belajar yang menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga warga belajar menjadi fokus menyimak tentang apa yang di sampaikan mengenai materi pembelajaran selain itu hasil yang test yang didapatkan juga membuktkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran Project Based Learning terbukti efektif. Kata Kunci ; Model pembelajaran, Project based Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:52
Last Modified: 03 Sep 2024 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item