DEWI, RESTIANA (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI MIPA 4 SMAN 1 SINDANGKASIH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (77kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (64kB) |
|
Text
4. LEMBAR KEASLIAN ILMIAH.pdf Download (78kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (109kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (110kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (113kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (132kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (153kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (172kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode bermain peran terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah dengan materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Sindangkasih semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Sindangkasih, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dimana pemilihan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan angket atau kuesioner. Instrumen penelitian pada penelitian ini berupa angket tertutup dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan metode independent sample t-test, dan N-gain. Berdasarkan penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap keaktifan belajar peserta didik. Pengaruh tersebut terlihat dari adanya peningkatan dari perolehan rata-rata skor pretest sebelum diterapkannya metode bermain peran sebesar 64,75 dan perolehan rata-rata skor posttest setelah diterapkannya metode bermain peran sebesar 87,86. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan hasil bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan metode bermain peran terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Sindangkasih. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Keaktifan Belajar Siswa, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13986 |
Actions (login required)
View Item |