Fitriani, Sovia Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SURAT PRIBADI DAN RESMI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (375kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (275kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI TABEL DIAGRAM GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
8 BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Download (317kB) |
|
Text
9 BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (345kB) |
|
Text
10 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
Text
11 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
13 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
odel pembelajaran menjadi suatu komponen pembelajaran yang berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi berdampak pada motivasi peserta didik selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning tehadap kemampuan membaca surat pribadi dan resmi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, nilai rata-rata peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran membaca surat pribadi dan resmi yakni 48,40 (prates) dan 77,60 (pascates). Sedangkan nilai rata-rata peserta didik di kelas kontrol dalam pembelajaran membaca surat pribadi dan resmi yakni 46,90 (prates) dan 63,07 (pascates). Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, diketahui bahwa data nilai prates dan pascates kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesisi menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model circuit learning berpengaruh terhadap kemampuan membaca surat pribadi dan resmi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13956 |
Actions (login required)
View Item |