PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KEGIATAN OUTING CLASS (Studi pada Peserta Didik Paket C Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis)

SARI, WINDA ANTIKA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KEGIATAN OUTING CLASS (Studi pada Peserta Didik Paket C Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (227kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (179kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (122kB)
[img] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (229kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Kemandirian belajar sangat penting dalam membangun karakter individu karena pembelajaran saat ini tidak hanya terpusat kepada pendidik tetapi berpusat kepada peserta didik. Sehingga pendidik perlu mengembangkan model pembelajaran yang bisa menjadikan peserta didik aktif dan mandiri, yaitu salah satunya dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada kegiatan outing class dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik paket C di SPNF SKB Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan responden tenaga kependidikan, pendidk dan peserta didik, yang mana pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi Kemudian Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kemandirian belajar dari peserta didik paket C melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan melalui enam tahapan diantaranya pemberian rangsangan belajar yang diberikan berupa pemberian motivasi, identifikasi masalah dengan cara memberikan perintah wawancara dan interaksi, pengumpulan data dengan cara wawancara dan interaksi dengan orang baru, pengolahan data dengan cara diberikan tugas kelompok, pembuktian dengan cara mengemukakan pendapat dan menarik kesimpulan dengan cara mengerjakan tugas laporan. Keenam tahap tersebut diterapkan pada kegiatan outing class yang dilaksanakan di pantai. Simpulan dari penelitian ini ialah dengan adanya kegiatan outing class yang dilaksanakan di pantai Batukaras Kabupaten Pangandaran dengan penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Ciamis. Kata Kunci: Model pembelajaran penemuan, pembelajaran diluar kelas, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:56
Last Modified: 02 Sep 2024 06:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item