PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURHANIFAH, NIRA (2024) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
4. LEMBAR REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (66kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (81kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (47kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (44kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (230kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan oleh peserta didik yang cenderung menghafal rumus tanpa memahami konsep fisikanya dan kurangnya alat eksperimen fisika yang memadai. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Brain Based Learning. Kurangnya alat eksperimen dapat diatasi dengan penggunaan software GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Brain Based Learning berbantuan GeoGebra terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang stasioner di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Keterampilan berpikir kritis peserta didik diukur menggunakan tes berupa soal esai dengan tiap soal terdiri dari salah satu indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:55
Last Modified: 02 Sep 2024 06:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item