PENGARUH PERSISTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MAULA, SILPIANIS MATUL (2024) PENGARUH PERSISTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (424kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text
03. Lembar Pengesahan.pdf

Download (356kB)
[img] Text
04. Kata Pengantar.pdf

Download (407kB)
[img] Text
05. Daftar Isi.pdf

Download (536kB)
[img] Text
06. Daftar Tabel.pdf

Download (404kB)
[img] Text
07. Daftar Gambar.pdf

Download (400kB)
[img] Text
08. Lembar Pernyataan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
09. BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persistensi diri, lingkungan sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey desain eksplanatori. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya yang berjumlah 163 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Kemudian persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu sebesar 2,66 < 26,412. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu persistensi diri, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Persistensi Diri, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:06
Last Modified: 02 Sep 2024 03:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item