PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN RESILIENSI MATEMATIS

SYAGHIFA, SILFIA HASNA (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (6MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning serta untuk mengetahui peningkatan resiliensi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning. Data dari penelitian ini diambil dari pretest dan posttest kemampuan representasi matematis yang dilakukan pada kelas eksperimen untuk mendapatkan skor tes kemampuan representasi matematis dan diambil dari angket resiliensi matematis yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Project Based Learning untuk mendapatkan skor angket resiliensi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tasikmalaya. Sampel penelitian yaitu peserta didik VIII C sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yaitu simple random sampling atau pemilihan secara acak. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian kemampuan representasi matematis dan angket resiliensi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain dan uji hipotesis menggunakan IBM SPSS Statistic 25 dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis, hasil perhitungan uji t kemampuan representasi matematis yang dilakukan diperoleh ½ nilai sig 0,1035 > 0,05 yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Selanjutnya diketahui uji t resiliensi matematis, hasil perhitungan uji t yang dilakukan diperoleh ½ nilai sig 0,337 > 0,05 yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan hasil perhitungan N-gain diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning memperoleh nilai rata�rata N-Gain 0,6544 berada pada kategori sedang sementara peningkatan resiliensi matematis yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata N-Gain -0,1040 berada pada kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat peningkatan kemampuan representasi dan resiliensi matematis yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning. Kata kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:51
Last Modified: 02 Sep 2024 06:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item View Item