PENGARUH MEDIA BELAJAR BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Nashrul Haq Al Islamy)

AULADDINY, KHOSYI (2024) PENGARUH MEDIA BELAJAR BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Nashrul Haq Al Islamy). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (184kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR DEWAN PENGUJI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (303kB)

Abstract

Media pembelajaran dijadikan alternatif agar dapat menunjang kegiatan belajar siswa dapat berupa permainan yang menarik untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan siswa. Pada jenjang pendidikan tidak hanya kecerdasan intelektual yang ditonjolkan, tetapi kecerdasan emosional pada siswa juga perlu dipertimbangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh media belajar berbasis powerpoint terhadap kecerdasan emosional santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan mencari pengaruh variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri dari ponpes Nashrul Haq Al Islamy kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel 24 warga belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu skala terbesar kategori media belajar berbasis powerpoint dengan jumlah 16 atau 67% dengan kategori berskala sedang dan kecerdasan emosional berjumlah 16 atau 67% dengan kategori berskala sedang. Berdasarkan hasil analisis determinasi R-square diperoleh nilai sebesar 0,205 yang artinya media belajar berbasis powerpoint (X) mempengaruhi kecerdasan emosional santri (Y) sebesar 20,5%, sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi faktor lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak media belajar berbasis powerpoint berpengaruh terhadap kecerdasan emosional santri. Kemudian dengan tingkat korelasi antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,452 yang diartikan tingkat hubungan korelasinya sedang. Kata kunci : Media Belajar Powerpoint, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:46
Last Modified: 02 Sep 2024 06:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item View Item