FITRIA, ALFI MAULIDA NURUL (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS: STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK PRIDE HOMESCHOOLING KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (179kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Skripsi.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (295kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (110kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (101kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (223kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (216kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
|
Text
14. Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemahaman matematis, dan wawancara. Subjek dipilih dari peserta didik kelas IX, XI, dan XII Pride Homeschooling Kota Tasikmalaya. Subjek dalam menggali kemandirian belajar terdiri dari 4 orang peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah. Subjek dalam menggali kemampuan pemahaman matematis terdiri dari 2 orang peserta didik dengan kategori kemampuan pemahaman matematis yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) terdapat lima faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar pada peserta didik di Pride Homeschooling kota tasikmalaya. Faktor internal tersebut diantaranya; kurangnya inisiatif belajar peserta didik; preferensi terhadap aktivitas hiburan; kurangnya kemampuan peserta didik untuk menjalin kerjasama dalam pembelajaran; kurangnya kemampuan peserta didik dalam melaksanakan strategi belajar yang efektif; serta kurangnya kemampuan peserta didik untuk melaksanakan evaluasi belajar secara mandiri. Faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar yaitu pendampingan yang minimal dari orang tua dalam pembelajaran. Terdapat dua faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik di Pride Homeschooling kota tasikmalaya. Faktor internal tersebut adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika dan kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran matematika. Faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik yaitu kurangnya kemampuan tutor dalam menjelaskan manfaat pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13850 |
Actions (login required)
View Item |