FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS: STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK PRIDE HOMESCHOOLING KOTA TASIKMALAYA

FITRIA, ALFI MAULIDA NURUL (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS: STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK PRIDE HOMESCHOOLING KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (179kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi Skripsi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (295kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (223kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (216kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
14. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
15. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemahaman matematis, dan wawancara. Subjek dipilih dari peserta didik kelas IX, XI, dan XII Pride Homeschooling Kota Tasikmalaya. Subjek dalam menggali kemandirian belajar terdiri dari 4 orang peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah. Subjek dalam menggali kemampuan pemahaman matematis terdiri dari 2 orang peserta didik dengan kategori kemampuan pemahaman matematis yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) terdapat lima faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar pada peserta didik di Pride Homeschooling kota tasikmalaya. Faktor internal tersebut diantaranya; kurangnya inisiatif belajar peserta didik; preferensi terhadap aktivitas hiburan; kurangnya kemampuan peserta didik untuk menjalin kerjasama dalam pembelajaran; kurangnya kemampuan peserta didik dalam melaksanakan strategi belajar yang efektif; serta kurangnya kemampuan peserta didik untuk melaksanakan evaluasi belajar secara mandiri. Faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar yaitu pendampingan yang minimal dari orang tua dalam pembelajaran. Terdapat dua faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik di Pride Homeschooling kota tasikmalaya. Faktor internal tersebut adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika dan kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran matematika. Faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik yaitu kurangnya kemampuan tutor dalam menjelaskan manfaat pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:57
Last Modified: 02 Sep 2024 01:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

View Item View Item