AULIA, AMELIA PUTRI (2024) PERANCANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS POTENSI LOKAL TERASERING PANYAWEUYAN KABUPATEN MAJALENGKA (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Sub-Bab Materi Dinamika Pedosfer di Kelas X MA PUI Maja). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (89kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHN .pdf Download (117kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI .pdf Download (157kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (134kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (54kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (99kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf Download (129kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISIS .pdf Download (166kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (215kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (266kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13. BAB 5 .pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (190kB) |
|
Text
15. LAPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pada saat proses pembelajaran. Keterbatasan media pembelajaran yang terdapat di sekolah, seringkali menjadi kendala bagi guru serta berpengaruh terhadap respon peserta didik yang seringkali kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran belangsung. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan E-Modul Interaktif berbasis Potensi Lokal Terasering Panyaweuyan Kabupaten Majalengka, dengan harapan dapat membangun suasana belajar yang menyenangkan dan aktif, sehingga dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang mampu meningkatkan kesiapan belajar siswa di kelas X IPS 1 MA PUI Maja. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas X IPS yang berjumlah 82 orang. Sedangkan untuk sampel penelitian adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil analisis lingkungan belajar, tahapan pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Potensi Lokal Terasering Panyaweuyan Kabupaten Majalengka terdiri dari lima tahap, yakni Analyze (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Adapun tahapan pemanfaatan E-Modul terdiri dari tiga tahap, yakni Pengunduhan E-Modul, Tata Cara Penggunaan E-Modul kepada guru dan peserta didik, serta Mengoperasikan E-Modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa sebelum diterapkannya E-Modul Interaktif memperoleh persentase sebesar 73,33%,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13849 |
Actions (login required)
View Item |