ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS

FAUZI, MUHAMAD (2024) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. SK REVISI SKRIPSI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (568kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (50kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (253kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagiamana kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills yang ditinnjau dari kecemasan marematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Al-Huda Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Subjek dalam penelitian ini berasal pengelompokan hasil angket yang kemudian dijadikan 3 kelompok kecemasan matematis yaitu kecemasan matematis rendah, kecemasan matematis sedang, dan kecemasan matematis tinggi, yang selanjutnya diambil satu persatu dari masing – masing kelompok kecemasan matematis tersebut untuk menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills, sehingga diperoleh 9 subjek yaitu 3 subjek dari kecemasan matematis rendah, 3 subjek dari kecemasan matematis sedang, dan 3 subjek dari kecemasan matematis tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes angket kecemasan matematis, soal Higher Order Thinking Skills, wawancara dan observasi. Peneliti sebagai instrument penelitian dipadu dengan instrumen angket kecemasan matematis, soal HOTS, pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan kecemasan matematis rendah dalam menyelesaikan soal HOTS menunjukkan peserta didik melakukan proses penyelesaian soal yang masih keliru, mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, dan kesalahan dalam mengambil data. Peserta didik dengan kecemasan matematis sedang dalam menyelesaika soal HOTS menunjukkan peserta didik mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, kesalahan dalam melakukan perhitungan, dan kesalahan dalam mengambil data. Sedangkan peserta didik dengan kecemasan matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS menunjukkan peserta didik mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, mengabaikan data yang diketahui, penyelesaian tidak diperiksa kembali, kesalahan dalam melakukan perhitungan serta kesalahan dalam mengambil data. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal HOTS, Kecemasan Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:57
Last Modified: 02 Sep 2024 01:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item