FAUZI, MUHAMAD (2024) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (324kB) |
|
Text
3. SK REVISI SKRIPSI.pdf Download (195kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (568kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (55kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (114kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (50kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (253kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (218kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagiamana kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills yang ditinnjau dari kecemasan marematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Al-Huda Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Subjek dalam penelitian ini berasal pengelompokan hasil angket yang kemudian dijadikan 3 kelompok kecemasan matematis yaitu kecemasan matematis rendah, kecemasan matematis sedang, dan kecemasan matematis tinggi, yang selanjutnya diambil satu persatu dari masing – masing kelompok kecemasan matematis tersebut untuk menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills, sehingga diperoleh 9 subjek yaitu 3 subjek dari kecemasan matematis rendah, 3 subjek dari kecemasan matematis sedang, dan 3 subjek dari kecemasan matematis tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes angket kecemasan matematis, soal Higher Order Thinking Skills, wawancara dan observasi. Peneliti sebagai instrument penelitian dipadu dengan instrumen angket kecemasan matematis, soal HOTS, pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan kecemasan matematis rendah dalam menyelesaikan soal HOTS menunjukkan peserta didik melakukan proses penyelesaian soal yang masih keliru, mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, dan kesalahan dalam mengambil data. Peserta didik dengan kecemasan matematis sedang dalam menyelesaika soal HOTS menunjukkan peserta didik mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, kesalahan dalam melakukan perhitungan, dan kesalahan dalam mengambil data. Sedangkan peserta didik dengan kecemasan matematis tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS menunjukkan peserta didik mengartikan informasi yang tidak sesuai dengan data sebenarnya, mengabaikan data yang diketahui, salah dalam menyalin data yang diketahui dari soal ke jawaban, mengabaikan data yang diketahui, penyelesaian tidak diperiksa kembali, kesalahan dalam melakukan perhitungan serta kesalahan dalam mengambil data. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal HOTS, Kecemasan Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13847 |
Actions (login required)
View Item |