HUBUNGAN LITERASI SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasional Peserta Didik Kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FITRIANI, DIAH (2024) HUBUNGAN LITERASI SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Korelasional Peserta Didik Kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tasikmalaya. Kemampuan bernalar maupun berpikir kritis siswa Indonesia masih belum optimal, Sehubungan dengan itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya sebanyak 146 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIPA A 29 orang dan X MIPA D 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes literasi sains dan tes keterampilan berpikir kritis yang sudah di validasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian berpikir kritis sebanyak 12 soal dan tes pilihan ganda literasi sains sebanyak 21 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat untuk uji hipotesis menggunakan software SPSS versi 24 for windows. Berdasarkan hasil analisis terdapat hubungan atau korelasi antara variabel literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis dengan koefisien korelasi sebesar 0,46 termasuk kedalam kategori sedang, dengan kontribusi yang diberikan terhadap berpikir kritis adalah 21,1%. Maka dapat disimpulkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan literasi sains. Kata kunci: Korelasi; Literasi Sains; Berpikir Kritis; Keanekaragaman Hayati;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:45
Last Modified: 29 Aug 2024 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13791

Actions (login required)

View Item View Item