Ikhsanuddien, Yusril (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, READ/ WRITE, KINESTATIK (VARK-FLEMING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 3 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (790kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (264kB) |
|
Text
04 PERNYATAAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
06 ABSTRACT.pdf Download (7kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
08 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (137kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (63kB) |
|
Text
12 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
13 BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (302kB) |
|
Text
14 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (462kB) |
|
Text
15 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
16 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
19 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Masalah pokok yang terkait pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SMAN 3 Kota Tasikmalaya. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik yang masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) sekolah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran visual, auditory, read/write. kinestatik (VARK-FLEMING) terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 3 Kota Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 504 dengan 72 sampel peserta didik, terdiri dari 36 peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, diolah dengan program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 <0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga dapat diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran VARK-FLEMING terhadap hasil belajarpeserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Namun model pembelajaran VARK-FLEMING mampu meningkatkan hasil belajar pada kelas eksperimen akan tetapi tidak signifikan jik dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, VARK-FLEMING
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:30 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13771 |
Actions (login required)
View Item |