Sudrajat, Vina Febrianti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (128kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
PERNYATAAN .pdf Download (73kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (148kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (85kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (116kB) |
|
Text
daftar gambar.pdf Download (79kB) |
|
Text
daftar tabel.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB 2 TINJAUAN TEORETIS.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
daftar riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain Matching posttest only control Group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras sebanyak 5 kelas yang berjumlah 171 siswa. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan uji one way ANOVA hasil analisis menunjukan bahwa Ho ditolak dengan nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0,05. Temuan pada penelitian yaitu penggunaan model Creative Problem Solving dapat memberikan pengaruh yang baik dalam memaksimalkan kemampuan berpikir kritis dan juga kemampuan kreatif peserta didik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024 pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Sistem Reproduksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:25 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13754 |
Actions (login required)
View Item |