ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

FUJIANTI, DINI GINA FEBRI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover .pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan .pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI .pdf

Download (145kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (178kB)
[img] Text
5. ABSTRAK .pdf

Download (71kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
9. bab 2 .pdf

Download (178kB)
[img] Text
10. bab 3 .pdf

Download (168kB)
[img] Text
11. bab 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
12. bab 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. dafatr pustaka .pdf

Download (149kB)
[img] Text
14. lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. riwayatr hidup .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerik peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan numerik, pemberian angket resiliensi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan numerik, angket resiliensi matematis dan pedoman wawancara. Subjek dari penelitian ini sebanyak tiga orang dari kelas VII H di SMPT Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Putri Tasikmalaya yaitu satu orang dengan kategori resiliensi tinggi, satu orang dengan kategori resiliensi sedang, dan satu orang kategori resiliensi rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek dengan kategori resiliensi tinggi (ST) dapat mengurutkan bilangan berdasarkan jenisnya dengan tepat dan mampu menerapkan operasi serta sifat-sifat matematika dengan benar serta mengambil kesimpulan yang tepat. Subjek dengan kategori resiliensi sedang (SS) mampu menuliskan urutan bilangan dengan lengkap dan benar tetapi melakukan kesalahan dalam penulisan yang mengakibatkan subjek kurang tepat dalam membuat kesimpulan serta subjek mampu menerapkan sifat-sifat matematika dengan benar. Sedangkan subjek dengan resiliensi matematis rendah (SR) mampu menuliskan urutan bilangan dengan benar walaupun dengan waktu yang cukup lama dan subjek tidak menuliskan kesimpulan karena merasa tidak yakin dengan jawaban yang subjek dapatkan serta subjek dapat menerapkan sifat-sifat matematika meskipun subjek kurang teliti karena terdapat beberapa kesalahan penulisan simbol. Kata kunci: Kemampuan Numerik, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:22
Last Modified: 28 Aug 2024 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item