PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LINIMASA BERBANTUAN CARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA

HILAL, NUR (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LINIMASA BERBANTUAN CARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, BAGAN, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Linimasa Berbantuan Card Game terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya dengan jumlah 174 peserta didik, yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperiment dengan jumlah 34 peserta didik, dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 35 Peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample test, uji independent sample test dan N-gain. Berdasarkan penelitian terdapat pengaruh media pembelajaran linimasa berbantuan Card Game terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya yang ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dilihat dari perolehan rata-rata skor pretest sebelum menggunakan media Linimasa berbantuan Card Game sebesar 68,56 sedangkan perolehan rata-rata skor posttest sesudah menggunakan media Linimasa berbantuan Card Game sebesar 90,94. Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dibuktikan berdasarkan Uji Independent Samples t-test, yakni nilai Sig (2tailed) < 0.05. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh media Linimasa berbantuan Card Game terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Linimasa Card Game, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:12
Last Modified: 28 Aug 2024 03:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13687

Actions (login required)

View Item View Item