SARI, RESI AULIA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Cisayong Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 DAFTAR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
19 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cisayong pada mata Pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Spinning Wheel terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Cisayong tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 118 siswa adapun sampelnya kelas XI IPA 2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian sejumlah 12 soal pada materi perdagangan internasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Spinning Wheel di kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Media Spinning Wheel dan kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning sesudah perlakuan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Search Solve Create and Share (SSCS), Spinning Wheel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:31 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13577 |
Actions (login required)
View Item |