PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan di Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Jawa Barat)

Efendi, Muhamad Fauzi (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan di Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (201kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (324kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (536kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (625kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (205kB)

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 menuntut peserta didik untuk dapat mengimplementasikan kemampuan kolaborasi, berpikir kritis, cakap komunikasi, solutif, dan peka terhadap kehidupan sosial. Namun, masih rendahnya kepekaan sosial, pemanfataan teknologi, dan minimnya kepekaan terhadap keadaan sosial dapat menghambat tujuan pembelajaran abad 21. Kolaborasi penerapan pendekatan dan model pembelajaran sangat penting menentukan capaian hasil belajar peserta didik. Selain itu, pendekatan dan model pembelajaran diupayakan harus memiliki pengaruh yang baik dalam meningkatkan capaian hasil belajar kognitif peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang mengedepankan pembelajaran kontekstual yaitu model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terhadap penerapan dan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi mitigasi dan adaptasi kebencanaan di kelas XI SMAN 1 Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan dan pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data parametrik menggunakan Independent Sample T-Test. Data pada penelitian ini dinyatakan valid, reliabel, berdistribusi normal, dan homogen. Teknik pengumpulan data menggunakan uji tes melalui pretest dan posttest. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukan nilai sig 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pendekatan SETS, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:29
Last Modified: 27 Aug 2024 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item