NURFADILLAH, ZAHRA AWALIA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-COMICPADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN ARITMETIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (56kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Skripsi.pdf Download (84kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Ilmiah.pdf Download (46kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (125kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (74kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (151kB) |
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (92kB) |
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (377kB) |
|
Text
10. Bab 3.pdf Download (279kB) |
|
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
13.Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
|
Text
14.Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, mengukur respon peserrta didik, serta menilai efektivitas bahan ajar E-comic pada Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi barisan aritmetika. Metode penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, penyebaran angket dan kuesioner, serta pemberian pretest dan posttest. Sumber data penelitian ini adalah dua ahli materi dan dua ahli media untuk meningkatkan kualitas isi dan tujuan, kualitas teknis, serta respon peserta didik kelas X SMA Terpadu Riyadlul ‘Ulum untuk mengetahui respon mereka dan peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini berupa website bahan ajar E-comic yang dapat diakses melalui laptop maupun smartphone. Kelayakan bahan ajar E-comic ini dinilai berdasarkan penilian kualitas isi dan tujuan oleh ahli materi, serta kualitas teknis oleh ahli media. Bahan ajar E-comic ini dinyatakan “Sangat Layak” oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta mendapatkan respon yang “Sangat Baik” dari peserta didik. berdasarkan nilai N-gain yang mencapai 0,776, yang termasuk dalam kategori tinggi, menunjukkan bahwa penggunaa bahan ajar E-comic memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. nilai Effect Size mencapai 2,28, yang dikategorikan sebagai Strong Effect. Dengan demikian, berdasarkan nilai N-gain yang berkategori tinggi serta nilai Effect Size yang berkategori sangat kuat, dapat disimpulkan bahwa E-comic ini layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Bahan ajar E-comic, Research & Development, ADDIE, Barisan Aritmetika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13487 |
Actions (login required)
View Item |