Putri, Andini Primadani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERPEN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Sampul.pdf Download (162kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (234kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (217kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (214kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (179kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (236kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (119kB) |
|
Text
8. Daftar Grafik.pdf Download (115kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (114kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (115kB) |
|
Text
11. Bab I.pdf Download (260kB) |
|
Text
12. Bab II.pdf Download (369kB) |
|
Text
13. Bab III.pdf Download (302kB) |
|
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
|
Text
17. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen merupakan kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik kelas IX pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi SKBM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pemerolehan data penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara semi terstruktur, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen, sebanyak 12 orang (37%) telah mencapai SKBM dan 20 orang (63%) belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai SKBM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 78. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13483 |
Actions (login required)
View Item |