PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERPEN

Putri, Andini Primadani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS CERPEN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Sampul.pdf

Download (162kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (179kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (236kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (119kB)
[img] Text
8. Daftar Grafik.pdf

Download (115kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (114kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (115kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (369kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
17. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen merupakan kemampuan yang perlu dikuasai peserta didik kelas IX pada mata pelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memenuhi SKBM. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur�unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pemerolehan data penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara semi terstruktur, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan pengolahan nilai siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen, sebanyak 12 orang (37%) telah mencapai SKBM dan 20 orang (63%) belum mencapai SKBM. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai SKBM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 78. Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak normal. Penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui bahwa W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel (126,2) dalam taraf signifikansi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks cerpen pada peserta didik kelas IX SMPN 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:50
Last Modified: 21 Aug 2024 06:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item View Item