SYIFA, NISA NURUDZATI (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN AKADEMIK DARI PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND THEORY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa Kelas X dan XI SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (178kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (246kB) |
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (375kB) |
|
Text
07 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (76kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (10kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (207kB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Download (441kB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Peneletian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ada di dunia pendidikan salah satunya adalah perilaku kecurangan akademik. Berdasarkan fenomena yang terdapat pada siswa SMA Negeri 2 Singaparna setelah dilakukan pra-penelitian menunjukkan bahwa 80% dari 60 siswa pernah melakukan kecurangan akademik seperti menyontek, menyiapkan contekan atau bekerja sama saat ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu bagaimana pengaruh dari dimensi fraud diamond theory terhadap perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi. Fraud Diamond Theory terdiri dari tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan yang dapat mempengaruhi dalam berbuat curang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 2 Singaparna yang mana siswa-siswa tersebut mempelajari bidang studi ekonomi sebanyak 552 siswa. Jumlah sampel yang didapat dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling sejumlah 228 siswa. Teknik analisis datayang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial variabel tekanan dan rasionalisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, variabel peluang dan kemampuan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Sedangkan secara simultan variabel tekanan, peluang, rasionalisasi dan kemampuan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik secara bersama-sama. Kata Kunci: Kecurangan Akademik, Kemampuan, Peluang, Rasionalisasi, Tekanan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13482 |
Actions (login required)
View Item |