ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-SPPD PLN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) DAN ALGORITMA K-MEANS

Putra, Rifaldi Adi (2024) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-SPPD PLN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) DAN ALGORITMA K-MEANS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (144kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (115kB)
[img] Text
06. Persembahan & Motto.pdf

Download (164kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (185kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (118kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.pdf

Download (188kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (583kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi E-SPPD merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk memesan penginapan serta transportasi untuk perjalanan dinas internal perusahaan listrik negara (PLN). Aplikasi E-SPPD PLN memiliki rating di bawah 4, sedangkan rata�rata rating aplikasi pada google play adalah di atas 4. Pada penelitian sebelumnya dilakukan evaluasi suatu aplikasi dengan system usability scale (SUS) dan algoritma k-means, namun hasilnya terbatas karena SUS hanya menilai usability dari aplikasi tanpa memperlihatkan letak kekurangannya. Sedangkan penelitian ini memiliki masalah yaitu mencari kekurangan dari aplikasi E-SPPD, maka kuesioner yang digunakan untuk mengukur user experience (UX) adalah user experience questionnaire (UEQ) dan k-means sebagai algoritma untuk klasterisasi data UX. Berdasarkan pembahasan di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai UX dari aplikasi E-SPPD PLN menggunakan kuesioner UEQ dan membagi data preferensi UX tersebut menggunakan algoritma k-means. Penelitian dilaksanakan di PLN Unit Induk Distribusi Sumatra Barat, dengan target responden seluruh pengguna aplikasi E-SPPD PLN di provinsi Sumatra Barat. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, aplikasi E-SPPD PLN memiliki hasil evaluasi positif untuk seluruh aspek dan kategori serta mendapatkan nilai Excellent untuk seluruh aspek kecuali aspek kebaruan. Jumlah kelompok atau klaster yang paling optimal dari data UX adalah 5 klaster. Kata kunci: Pengalaman Pengguna, Klasterisasi Data, K-Means, UEQ, E-SPPD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:03
Last Modified: 16 Aug 2024 09:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item