IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KARANGNUNGGAL (Studi Kasus pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Karangnunggal)

DEWI, INDAH FITRIYANI (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KARANGNUNGGAL (Studi Kasus pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Karangnunggal). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
6 DAFTAR TABEL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (99kB)
[img] Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9 BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
15 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kurikulum Merdeka diimplementasikan melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Karangnunggal. Projek P5 merupakan bagian dari kurikulum Merdeka yang bertujuan membentuk pelajar Indonesia yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam perilaku mereka. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori pembelajaran sosial dari Albert Bandura, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, ketua divisi projek P5, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan empat tema projek P5 telah diimplementasikan. Pembentukan karakter peserta didik melalui tema�tema tersebut didasarkan pada enam dimensi profil Pelajar Pancasila: 1) Tema suara demokrasi (menyertakan dimensi bergotong royong, berkebhinekaan global, dan bernalar kritis), 2) Gaya hidup berkelanjutan (menyertakan dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bernalar kritis, dan kreatif), 3) Kewirausahaan (menyertakan dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong royong, kreatif, dan mandiri), 4) Bhineka Tunggal Ika (menyertakan dimensi berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif). Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Projek P5, Karakter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:46
Last Modified: 16 Aug 2024 02:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item