PENGARUH MODEL QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING (QODE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

HIDAYAH, ENDAH NUR (2024) PENGARUH MODEL QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING (QODE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (717kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran jarang dilakukan praktikum dikarenakan adanya keterbatasan alat dan bahan. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE) terhadap keterampilan proses sains pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas yang berjumlah 184 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Keterampilan proses sains diukur menggunakan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 16 butir soal setelah diberikan perlakuan (posttest). Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:53
Last Modified: 15 Aug 2024 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item