PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI E-FISIKA EZ TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

PITRIYA, PIPIT (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI E-FISIKA EZ TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (109kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (710kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (916kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang ditunjukkan dengan sulitnya peserta didik dalam menjawab soal level kognitif menganalisis (C4) selain itu, kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran dalam mata pelajaran Fisika di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi E-Fisika EZ terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI-09 dan XI-10. Keterampilan berpikir tingkat tinggi diukur menggunakan tes uraian dengan jumlah 8 soal pada materi suhu dan kalor yang dilakukan sebelum perlakukan (pretest) dan sesudah perlakukan (posttest). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:53
Last Modified: 15 Aug 2024 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item