Nursyahbany, Hafni Affiany (2024) ANALISIS PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA MUSLIM UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
5. PEDOMAN LITERASI.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil survei terbaru masyarakat Indonesia memiliki tendensi membeli barang diluar dari daftar belanja mereka. Perilaku pembelian impulsif tersebut dapat menimbulkan dampak negatif yang dirasakan saat menumpuknya barang tidak terpakai karena sudah membeli barang atas dasar dorongan emosional. Hal ini bertentangan dengan etika konsumsi Islam karena mengarah pada pemborosan dan kemubaziran. Adapun hasil survei pendahuluan pada mahasiswa muslim Universitas Siliwangi diketahui sebagian besar pernah melakukan pembelian impulsif. Hal ini menjadi perhatian mengenai bentuk pembelian impulsif yang mereka lakukan dan faktor-faktor yang menjadi pemicu serta pengendalinya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa muslim Universitas Siliwangi. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer mahasiswa muslim Universitas Siliwangi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian berada di Universitas Siliwangi dengan waktu pelaksanaan penelitian terhitung mulai Desember 2023 hingga Maret 2024. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: a) Tipe-tipe pembelian impulsif paling banyak adalah pada tipe planned impulse buying. Kedua, tipe suggestion impulse buying. Ketiga, tipe pure impulse buying. Dan keempat tipe reminder impulse buying. b) Faktor pendorong yang paling banyak dialami adalah adanya gratis ongkir (sales promotion). Ditemukan juga faktor lain yaitu kesenangan mengoleksi, perasaan ingin mencoba produk baru, self reward, sugesti kebutuhan, tidak tercatat daftar belanja, wishlist, hobi, merk terkenal, kualitas produk, ketersediaan uang, produk tidak sesuai, dieri sugesti, dan membeli merk lain dari stok merk yang habis. c) Didapatkan faktor pengendalinya yaitu kesadaran akan kebutuhan, religiusitas, bingung banyak variasi, memerlukan tabungan, membandingkan budget, barang habis, ketersediaan uang, review buruk, kualitas produk, harga, faktor lingkungan, tidak ada promo, kesulitan payment, tidak tersedia ukuran dan warna dan pengetahuan marketing. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa masih melibatkan pengaruh emosional dalam kebiasaan belanja mereka sehingga mahasiswa perlu memiliki perencanaan keuangan pribadi dan penerapan kontrol diri. Kata Kunci : Pembelian Impulsif, Tipe-Tipe Pembelian Impulsif, Perilaku Konsumen
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:50 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |