PUTRI, SALSABILLA BERLIANNA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDSR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (2MB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilihat melalui tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata 44,25% masuk ke dalam kategori kurang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Pembelajaran Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection (CCDSR) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model CCDSR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA di SMAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan dua kelas, yakni kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan dengan memberikan tes berupa essai dengan masing masing soal terdiri dari indikiator kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13255 |
Actions (login required)
View Item |