PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

KAMILAH, CITRA SITI (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (9MB)
[img] Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (9MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (9MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 3 Ciamis yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui test pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 3 Ciamis pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 357 orang. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X.E.3 yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E.1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model student teams achievement division sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan, untuk mengetahui pengaruh model konvensional pada kelas kontrol dan pengaruh model student teams achievement divisio menggunakan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep terbentuknya harga pasar dan keseimbangan pasar pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol data yang dikumpulkan melalui tes pilihan ganda. Adapun hasil dari penelitian ini Dimana kelas eksperimen yang menggunakan model STAD terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan, kelas kontrol terdapat pengaruh antara sebelum dan sesudah diterapkan model konvensional dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelas kontrol yang menggunakan konvensional Dimana hipotesis diterima jika nilai sig(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 <0.05. Rata – rata Nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, Dimana nilai rata – rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 45,55 dan 82,61, sedangkan pada kelas kontrol rata – rata pretest dan posttest nya adalah 32,23 dan 68,17. Dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model student teams achievement division menggunakan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Student teams achievement division, Wordwall, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:45
Last Modified: 13 Aug 2024 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item