HABSAH, AJENG PUTU (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Mata Pelajaran Geografi Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (51kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (175kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (192kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (153kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (424kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (447kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
Abstract
Model pembelajaran merupakan suatu proses dalam kegiatan belajar mengajar supaya dapat berjalan dengan baik. Keterbatasan model pembelajaran yang terdapat di sekolah, seringkali menjadi kendala bagi pendidik dan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar, sehingga perlu dilakukan proses pembelajaran yang baik dan aktif dengan interaksi timbal balik antara pendidik dengan peserta didik. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan penggunaan model discovery learning berbantuan media vlog pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia kelas XI SMAN 2 Ciamis, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan Teknik analisis kuantitatif sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian bahwa, tahapan model discovery learning berbantuan media vlog dalam di SMA Negeri 2 Ciamis terdiri dari enam tahap, yakni Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsang) dengan berbantuan media vlog, Problem statement (Pernyataan/Identifikasi masalah), Data collection (Pengumpulan data), Data processing (Pengolahan data) dengan mengerjakan LKPD, Verification (Pembuktian) dengan presentasi hasil penemuan tiap kelompok, dan Generalization (Menarik kesimpulan) adanya kegiatan tanya jawab. Penerapan model discovery learning berbantuan media vlog berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia SMA Negeri 2 Ciamis. Hal ini dilihat dari hasil uji paired t-test dengan nilai Sig. 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Model discovery learning berbantuan media vlog berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Ciamis pada mata pelajaran persebaran flora dan fauna di Indonesia, jika semakin baik dalam menggunakan model dan media maka nilai motivasinya bertambah sebesar 0,359 dengan koefisien regresi signifan sebesar 2,346 bernilai positif. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Vlog, Motivasi Belajar, Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:56 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13231 |
Actions (login required)
View Item |