PENGARUH MODEL PBL BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Singaparna, Tahun Ajaran 2023/2024)

NURFADILAH, EVA (2024) PENGARUH MODEL PBL BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 2 Singaparna, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (210kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan_Eva.pdf

Download (219kB)
[img] Text
03 Pernyataan Keaslian.pdf

Download (185kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (307kB)
[img] Text
05 Abstract.pdf

Download (294kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (305kB)
[img] Text
07 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (311kB)
[img] Text
08 Daftar Isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
17 Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB)
[img] Text
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada abad ke-21 memiliki keterkaitan yang erat dengan perkembangan dunia dan tantangan yang dihadapi. Perkembangan revolusi industri menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan tingkat tinggi, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran masih belum teroptimalisasi dengan baik serta belum mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis outdoor study terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2023 sampai Mei 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Singaparna sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik 269 orang. Sampel penelitian di kelas X-4 sebanyak 38 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas X-3 sebanyak 39 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian keterampilan berpikir kritis berjumlah 14 butir soal dan 30 soal pilihan majemuk untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Way Anova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL berbasis outdoor study terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci : model PBL berbasis outdoor study; keterampilan berpikir kritis; hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:25
Last Modified: 13 Aug 2024 06:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13212

Actions (login required)

View Item View Item