MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI PKBM AL-FATTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

PUTRI, ASTI AGUSTINA (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI PKBM AL-FATTAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (225kB)
[img] Text
02 Lembar Penguji.pdf

Download (52kB)
[img] Text
03 Lembar Pengesahan Asti.pdf

Download (72kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan Asti.pdf

Download (73kB)
[img] Text
05 Halaman Pribadi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
06 Abstrak.pdf

Download (192kB)
[img] Text
07 Abstract.pdf

Download (192kB)
[img] Text
08 Kata Pengantar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (13kB)
[img] Text
10 Daftar Isi.pdf

Download (203kB)
[img] Text
11 Daftar Gambar.pdf

Download (4kB)
[img] Text
12 Daftar Tabel.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13 Daftar Lampiran.pdf

Download (193kB)
[img] Text
14 BAB 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
15 BAB 2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
16 BAB 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)
[img] Text
20 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar masyarakat di PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki peranan penting dalam memotivasi peserta didik pada program pendidikan kesertaraan Paket B. Motivasi belajar peserta didik di PKBM Al�Fattah sangat bervariasi yang dapat dipengaruhi dari internal maupun eksternal peserta didik itu sendiri. Peserta didik yang memiliki motivasi yang tinggi akan berdampak pada dirinya sendiri, dan sebaliknya peserta didik yang memiliki motivasi yang kurang akan berdampak pula pada dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik paket B di PKBM Al-Fattah. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengambilan data dan purposive sampling dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi di PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian yaitu, peserta didik Paket B memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kebutuhan mereka yang dapat dipengatuhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu, pemberian nilai angka yang dilakukan oleh tutor, hadiah, keterlibatan ego, pujian, hukuman yang berdampak positif, Hasrat untuk belajar, minat dan harapan, serta motivasi ekstrinsik. Faktor-faktor tersebut dapat melalui pendekatan dan dukungan tutor, menciptakan lingkungan belajar positif yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik. Simpulan dari penelitian ini yaitu peserta didik Paket B di PKBM Al-Fattah memiliki motivasi belajar yang tinggi, sehingga dapat menunjukkan kemampuan yang besar dalam mencapai tujuan pendidikan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Peserta Didik, PKBM Al-Fattah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:54
Last Modified: 14 Aug 2024 08:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13198

Actions (login required)

View Item View Item