PUTRI, ASTI AGUSTINA (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI PKBM AL-FATTAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (225kB) |
|
Text
02 Lembar Penguji.pdf Download (52kB) |
|
Text
03 Lembar Pengesahan Asti.pdf Download (72kB) |
|
Text
04 Lembar Pernyataan Asti.pdf Download (73kB) |
|
Text
05 Halaman Pribadi.pdf Download (113kB) |
|
Text
06 Abstrak.pdf Download (192kB) |
|
Text
07 Abstract.pdf Download (192kB) |
|
Text
08 Kata Pengantar.pdf Download (104kB) |
|
Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (13kB) |
|
Text
10 Daftar Isi.pdf Download (203kB) |
|
Text
11 Daftar Gambar.pdf Download (4kB) |
|
Text
12 Daftar Tabel.pdf Download (189kB) |
|
Text
13 Daftar Lampiran.pdf Download (193kB) |
|
Text
14 BAB 1.pdf Download (324kB) |
|
Text
15 BAB 2.pdf Download (396kB) |
|
Text
16 BAB 3.pdf Download (347kB) |
|
Text
17 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
18 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (414kB) |
|
Text
20 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kegiatan belajar masyarakat di PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki peranan penting dalam memotivasi peserta didik pada program pendidikan kesertaraan Paket B. Motivasi belajar peserta didik di PKBM Al�Fattah sangat bervariasi yang dapat dipengaruhi dari internal maupun eksternal peserta didik itu sendiri. Peserta didik yang memiliki motivasi yang tinggi akan berdampak pada dirinya sendiri, dan sebaliknya peserta didik yang memiliki motivasi yang kurang akan berdampak pula pada dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik paket B di PKBM Al-Fattah. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengambilan data dan purposive sampling dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi di PKBM Al-Fattah Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian yaitu, peserta didik Paket B memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kebutuhan mereka yang dapat dipengatuhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu, pemberian nilai angka yang dilakukan oleh tutor, hadiah, keterlibatan ego, pujian, hukuman yang berdampak positif, Hasrat untuk belajar, minat dan harapan, serta motivasi ekstrinsik. Faktor-faktor tersebut dapat melalui pendekatan dan dukungan tutor, menciptakan lingkungan belajar positif yang dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik. Simpulan dari penelitian ini yaitu peserta didik Paket B di PKBM Al-Fattah memiliki motivasi belajar yang tinggi, sehingga dapat menunjukkan kemampuan yang besar dalam mencapai tujuan pendidikan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Peserta Didik, PKBM Al-Fattah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13198 |
Actions (login required)
View Item |