PENGARUH KONTROL DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survei Pada Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023/2024)

NURWANTI, SITI (2024) PENGARUH KONTROL DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survei Pada Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. C0VER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (518kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Masalah penelitian mengenai prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang berada dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 76. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2023 / 2024 dengan jumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional sampel dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh 146 responden. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner tertutup dan teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2 uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh secara signifikan dari kontrol diri terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh secara signifikan dari penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). 3) Terdapat pengaruh secara signifikan dari kontrol diri dan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu kontrol diri dan penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Kontrol Diri, Penggunaan Media Sosial, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:54
Last Modified: 14 Aug 2024 08:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item